Pengertian Keycloak!




A.PENGERTIAN
Keycloak adalah solusi Identity and Access Management yang terbuka yang ditujukan untuk aplikasi dan layanan modern. Ini memudahkan aplikasi dan layanan dengan sedikit kode.
B.LATAR BELAKANG
Karena sudah banyaknya IT system admin. di Indonesia maka disini IT admin butuh akun untuk login ke semua web yg diitregasikan pada parik atau instasi tersebut maka munculah KeyCloak. KeyCloak ini sering digunakan untuk Single Sign On.

C.MAKSUD DAN TUJUAN
Untuk memberikan Pengertahuan kepada para pembaca tentang Keycloak yg sering digunakan dalam single sign on.

D.PEMBAHASAN
>SINGLE SIGN ON

Pengguna mengotentikasi dengan Keycloak daripada aplikasi individual. Ini berarti aplikasi Anda tidak harus berurusan dengan formulir login, mengautentikasi pengguna, dan menyimpan pengguna. Setelah login ke Keycloak, pengguna tidak perlu login lagi untuk mengakses aplikasi yang berbeda.
Ini juga berlaku untuk logout. Keycloak memberikan single sign out, yang berarti pengguna hanya perlu logout sekali untuk log-out dari semua aplikasi yang menggunakan Keycloak
>IDENTITAS BROKERING DAN LOGIN SOSIAL
Mengaktifkan login dengan jejaring sosial mudah ditambahkan melalui konsol admin. Ini hanya soal memilih jaringan sosial yang ingin Anda tambahkan. Tidak ada kode atau perubahan pada aplikasi Anda yang diperlukan.
Keycloak juga dapat mengotentikasi pengguna dengan OpenID Connect atau SAML 2.0 Identity Providers yang ada. Sekali lagi, ini hanya masalah mengkonfigurasi Penyedia Identitas melalui konsol admin.
>FEDERASI PENGGUNA
Keycloak memiliki dukungan built-in untuk terhubung ke server LDAP atau Active Directory yang ada. Anda juga dapat menerapkan penyedia Anda sendiri jika Anda memiliki pengguna di toko lain, seperti database relasional.
Untuk lebih jelasnya bisa klik disini.

E.KESIMPULAN
Jadi Keycloak ini sangat amat berguna dalam mengkonfigurasi SSO atau Single Sign On!

F.REFERENSI

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi "nslookup command not found"

Perbedaan Vsftpd dan Proftpd!

Membangun topologi sederhana menggunakan Router Cisco Paket Tracer!