Pengertian OwnCloud!



A.PENGERTIAN
ownCloud adalah suite software client-server untuk menciptakan layanan file hosting dan menggunakan mereka. ownCloud secara fungsional sangat mirip dengan banyak digunakan Dropbox , dengan perbedaan fungsional utama adalah bahwa ownCloud adalah gratis dan open-source , dan dengan demikian memungkinkan orang untuk menginstal dan mengoperasikannya tanpa biaya pada server pribadi.

Ini juga mendukung ekstensi yang memungkinkan untuk bekerja seperti Google Drive , dengan editing secara online dokumen, kalender dan sinkronisasi kontak, dan banyak lagi. Keterbukaan eschews diberlakukan kuota pada ruang penyimpanan atau jumlah klien yang terhubung, bukannya memiliki batas keras (seperti pada ruang penyimpanan atau jumlah pengguna) didefinisikan hanya dengan kemampuan fisik server.

B.SEJARAH
Frank Karlitschek , sebuah KDE pengembang software, mengumumkan pengembangan ownCloud pada Januari 2010, dalam rangka untuk menyediakan perangkat lunak bebas pengganti untuk proprietary penyedia layanan penyimpanan. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2011.
OwnCloud Inc., perusahaan yang didirikan oleh Karlitschek, telah menarik dana dari investor, termasuk suntikan 6,3 juta US $ pada tahun 2014.
Pada Juni 2016 Karlitschek dan 12 kontributor meninggalkan ownCloud Inc.,  yang mengakibatkan penutupan operasi AS ownCloud ini. Para pengembang berangkat bercabang kode ownCloud untuk memulai sebuah proyek baru yang disebut Nextcloud.

C.IKHTISAR
  • Desain

Agar mesin desktop untuk melakukan sinkronisasi file dengan server yang ownCloud mereka, klien desktop yang tersedia untuk PC yang menjalankan Windows , OS X , FreeBSD atau Linux . Ponsel klien ada untuk iOS dan Android perangkat. File dan data lainnya (seperti kalender, kontak atau bookmark) juga dapat diakses, dikelola, dan upload menggunakan web browser tanpa software tambahan. Setiap update ke sistem file didorong untuk semua komputer dan perangkat mobile yang terhubung ke akun pengguna.
Enkripsi file dapat diberlakukan oleh administrator server. 
The ownCloud server ditulis dalam PHP dan JavaScript bahasa scripting . Untuk akses remote , mempekerjakan saber / dav , open-source WebDAV Server. ownCloud dirancang untuk bekerja dengan beberapa sistem manajemen database , termasuk SQLite , MariaDB , MySQL , Oracle Database , dan PostgreSQL . [9]
  • Fitur

file ownCloud disimpan dalam struktur direktori konvensional, dan dapat diakses melalui WebDAV jika perlu. file pengguna akan dienkripsi baik saat istirahat dan selama transit. ownCloud dapat melakukan sinkronisasi dengan lokal klien menjalankan Windows (Windows XP, Vista, 7 dan 8), OS X (10.6 atau yang lebih baru), atau berbagai Linux distribusi.
pengguna ownCloud dapat mengelola kalender ( CalDAV ), kontak ( CardDAV ) tugas yang dijadwalkan dan media streaming ( Ampache ) dari dalam platform.
Dari perspektif administrasi, ownCloud memungkinkan pengguna dan administrasi kelompok (melalui OpenID atau LDAP ). Konten dapat dibagi dengan mendefinisikan granular izin baca / tulis antara pengguna dan / atau kelompok. Atau, pengguna ownCloud dapat membuat publik URL ketika berbagi file. Logging tindakan terkait file tersedia dalam penawaran layanan Enterprise dan Pendidikan. 
Selanjutnya, pengguna dapat berinteraksi dengan browser berbasis ODF -format pengolah kata , bookmark layanan, URL shortening suite, galeri, RSS feed reader dan alat document viewer dari dalam ownCloud. Untuk diperpanjang tambahan, ownCloud dapat ditambah dengan "satu-klik" aplikasi dan koneksi ke Dropbox , Google Drive dan Amazon S3 .
  • Distribusi

ownCloud server dan klien dapat didownload dari website ownCloud dan dari repositori pihak ketiga, seperti Google Play dan Apple iTunes ,  dan repositori dikelola oleh distribusi Linux. Pada tahun 2014, sengketa muncul antara ownCloud dan Ubuntu mengenai terakhir pemeliharaan diduga mengabaikan paket, sehingga penghapusan sementara ownCloud dari repositori Ubuntu. 
ownCloud telah terintegrasi dengan GNOME Desktop. proyek lain yang menggunakan atau link ke ownCloud mencakup Raspberry Pi proyek untuk menciptakan sistem penyimpanan awan menggunakan Raspberry Pi ini kecil, rendah energi form-factor. 
Selain paket open source standar, versi Enterprise ownCloud juga dijual, ditujukan untuk bisnis yang membutuhkan fitur-fitur canggih dan dukungan perangkat lunak.
    
D.REFERENSI
https://en.wikipedia.org/wiki/OwnCloud

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi "nslookup command not found"

Perbedaan Vsftpd dan Proftpd!

Membangun topologi sederhana menggunakan Router Cisco Paket Tracer!